Review : Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream (SMLC)

keracunan yang paling nikmat di dunia ini, ya cuma keracunan mekap (di poles ya, jangan di telen !). Apalagi kalo yang ngeracunin adalah ...


keracunan yang paling nikmat di dunia ini, ya cuma keracunan mekap (di poles ya, jangan di telen !). Apalagi kalo yang ngeracunin adalah gincu merk baru dengan shades lucu yang padahal dirumah udah punya shade merk lain dengan warna senada, kok ya keracunannya dinikmatin banget ?

Kenapa memilih Mineral Botanica ?
Sepertinya udah banyak yang tau kalo Mineral botanica ini adalah produk lokal baru, sebenernya ga baru-baru amat sih. Walaupun produk lokal dengan harga yang terjangkau banget, tapi kualitasnya boleh di adu sama produk luar dengan harga ratusan ribu. Karena produk lokal, jadi dese ga dipengaruhi sama naik turunnya nilai dollar. Ngomongi soal harga dulu nih, SMLC nya Mineral botanica ini kurang dari 1/2 harga nya SMLC produk ameriki itu, kualitasnya ? lebih oke !

Aku sendiri kenal Produk ini awal tahun kemarin karena tiba-tiba aja muncul di explorer Instagram. ngeliat review sana sini, terus tertarik banget pengen beli, dan berakhir dengan belanja online sekali 4 biji -_-. Setelah pake produk ini, wow ! ternyata kualitas oke banget !.

Kebetulan lagi di Pangkal pinang ada toko resmi yang jual produk Mineral botanica lumayan lebih murah di banding belanja online. Harga lebih murah plus no ongkir, apa ga bahagia tuh mbak nya ? Oya, Beberapa waktu yang lalu sempet baca dimana gitu kalo Mineral botanica bakal ngeluarin banyak shades baru untuk SMLC nya, tapi belum tau update nya gimana. Kalo ada yang tau infonya kabarin yaaaa..



 Klaim :
- Long Lasting
- No color transfer

Ingredients :
Isododecane, Castor (Ricinus Communis) Oil, Isostearyl Isostearate, Cyclopentasiloxane, Caprylyl Methicone, Besswax, Glvceryl Tribehenate/Isotearate/Eicosandioate, Dextrin Palmitate, Polythylene, Aluminium Starch Octenylsuccinate, VP/Hexadecene Copolymer, Flavor, Silica, Phenoxyethanol, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Octyldodecan, Silica Silylate, Aluminium Hydroxide, Ethylhexylglycerin, Hydrolyzed Adansonia Digitata Extract, Methicone, Isopropyl Titanium Trisostearate.
May contain : CI 77891, CI 15850:2, CI 45410:2, CI 77007, CI77120, CI 19140:1, CI47005:1, CI 77499, CI 77491, CI 77492, CI 45380.

Kemasan, Berat, dan Lama Pemakaian :
Walaupun ini adalah produk lokal, tapi packaging nya woke pisaaaan.Cantik, ga norak, lumayan kokoh dan jauh lebih besar dibanding SMLC nya ameriki. Berbentuk tabung dengan berat bersih 4 gram. Dikemasannya kamu bisa lihat tanggal kadaluarsa, klaim, ingredients, contoh warna lipstick dan BPOM nya. Aplikatornya standarlah yaaaa.. berbentuk kuas dengan tangkai panjang dengan bagian pipih pada satu sisinya. Untuk lama pemakaian, berhubung belum habis udah beli lagi beli lagi, jadi aku belum tau lipstick ini bakalan habis dalam berapa kali pemakaian rutin. Sepengalamanku sih, udah hampir setengah tahun ini, beberapa nomer yang aku pake terus menerus tetep belum menunjukkan tanda-tanda bakalan abis tuh. Awet lah pokoknya..

 



Teksture, Warna dan Bau :
Teksturenya creamy tapi lebih cair dibandingkan sama SMLC nya ameriki itu, jadi buatku lebih ringan sekaligus gampang mengcover seluruh permukaan bibir. Super Pigmented ! Karena teksturenya yang agak lebih cair itu, Alhamdulillah selama ini belum pernah nemu nemu cerita lipstick ini menggumpal. Warna-warna dari lipstick ini cantik-cantik banget dan ga norak. Buat baunya seperti bau strawberry gitu, harum nya enak dan segera hilang setelah di aplikasikan di bibir. Buatku pribadi sih ga masalah mau pake pewangi atau engga.

Reaksi di bibir setelah di aplikasikan :
Sesaat setelah di aplikasikan bibir rasanya dingin gitu, tapi cuma sebentar sih yaaa..Lipstick ini lumayan cepet keringnya dan rasanya ringan, lama kelamaan rasanya kaya ga pake apa-apa. Yang paling aku suka, lipstick ini ga bikin bibir berasa tebel dan lengket kaya beberapa tipe lipstick cair produk lokal lain.



Swatches :
002 - Champagne Beige
Warnanya nude calm light pink (gimana sih ngomongnya..bingung) dan ini adalah salah satu warna lipstick favorite ku banget, konon katanya juga best seller mineral botanica tipe. pinknya cantik apalagi kalo dipaduin sama jilbab dengan warna gelap. Kayanya di foto di bawah ini hasilnya ga terlalu bagus yah, percayalah padaku hai tukang kayuuu kalo warnanya bagusss banget.Tapi karena wana nya muda banget, butuh berapa kali pengaplikasian di bibir supaya bibir kita ketutup merata.

004 - Fantasy Fuschia
Super bold color ! Ala-ala pink fanta gitu..sekali oles udah bisa nutupin permukaan bibir. Buat ketahanan, asli tahan lama banget. Biar udah dipake makan pisang goreng sekebon juga tetep dorr warnanya biarpun lapisan lipsicknya udah ilang. ngerti ga maksudku ? warnanya seperti nyerap di bibir gitu. Aku pribadi sih ga terlalu suka warna-warna bold gini dipake sehari-hari, kalo buat ke pesta ya boleh lah..Warna ini lumayan cocok di kulitku.


005- Sweet Honey
Kalo dari kemasan luar, keliatannya warna 005 (Sweet Honey) itu hampir sama dengan 008 (Pinky Beige), padahal jauhhh banget.. warnanya light nude peach (apaan lagi coba) gitu. Buat kulit sawo matang kaya aku, agak kurang cucok. Makanya lipstick ini suka aku jadiin base sebelum di timpa pake lipstick lain. Ntaran kalo mbaknya udah lebih putihan yaa dek..

 008 - Pinky Beige
Ini juga warna favorite ku bangeeet Lembut banget kalo di aplikasikan di bibir. Dibanding 005 (Sweet Honey) warna tipe ini lebih ke arah coklat bukan peach, coklat ke pink-pinkan gitu persis seperti namanya. Masuk banget di kulitku. Setelah lama dipakai, atau dipake makan, warna coklatnya mudar dan meninggalkan warna pink di bibir. Jadi seperti ada gradasi warna gitu.

009 - Pinky Orange
Sesuai namanya, warnanya pink dengan sentuhan oranye gitu. Cantik banget setelah diaplikasikan, menyatu dengan warna kulitku.

010 - Orchid Pink
Pink neon bangeeet. Cantik kok, tapi buat sehari - hari aku kurang suka pake warna ini.  






Perbandingan antara klaim dan kondisi sebenarnya.
Long Lasting (YES !)
kalo untuk yang satu ini, iya banget ! dari pagi sampe siang ketahanannya oke bangeeet. Ga perlu timpa-timpa lipstick mulu. Kalo dipake makan yang ringan-ringan, tetep bagus di bibir yaaaa walaupun di bagian dalam bibir pasti ada pengurangan. Berdasarkan pengalaman pribadi, warna bold lebih tahan lama. Waktu aku pake 004 - Fantasy Fuschia di pagi hari, dan baru dibersihin malem hari nya, udah dipakein makeup remover, milk cleanser, terus di cuci juga, eh dia masih ga ilang loh. Sedangkan untuk warna-warna muda seperti  002 - Champagne Beige ketahannya dibawah yang warna nya terang. Sedangkan yang paling unik, 005 - Sweet Honey dan 008 - Pinky Beige meninggalkan warna pink di bibir ketika warna coklatnya memudar, jadi ala-ala lip tint itu kalo abis makan gorengan hahaha.

No Color Transfer (NO)
Masih transfer sih, di sedotan dan di gelas, tapi tipis.

Harga
Rp.48.000,- (tergantung kebijakan olshop juga sih, banyak beda-beda soalnya hehe)

Kesimpulan
Buat kualitas lokal dengan range harga segini, kualitas SMLC mineral botanica udah bagussss banget. Dibandingkan dengan SMLC nya produk amerika yang harganya 2-3 kali lipat itu juga kualitas SMLC mineral botanica lebih juara. Teksturenya yang lebih cair pada awalnya cukup bikin ga nyaman, tapi lama kelamaan justru buatku enakan yang cair begini, jadi gampang ngebaurinnya. Wanginya enak banget dan ga lengket di bibir, jadi nyaman banget pake nya. Selain itu kelebihannya yang paling berasa adalah ga bikin bibir kering. Packagingnya oke, dibagian bawah ada contoh warna lipstick memudahkan banget kalo mau pake lipstick jadi ga mesti buka -buka lipstick kalo mau pake warna lipstick tertentu.

 Kelebihan
+ Murah
+ Packaging cantik dan kokoh
+ Teksture dan baunya oke
+ Ga bikin bibir kering
+ ketahanannya oke
+ warna-warnanya cantik banget
+ nyaman di pake lama


Kekurangan
- Agak susah di dapat
- Ga begitu transfer proof

my favorite colours :
002 - Champagne Beige dan 008 - Pinky Beige

Jadi begitulah kira-kira review ku tentang SMLC nya mineral botanica. Nanti-nanti bakal review lagi kalo udah beli nomer lain. Dadah..

BACA JUGA : Review Mineral botanica SMLC new shades 011, 016, 017, dan 020


Love,


You Might Also Like

4 komentar

  1. meskipun ini hasilnya nda gitu long last, produk lokal pertama yang aku tau paraben free. infonya membantu banget :D

    ReplyDelete
  2. Your review helps a lot mbaaa!! Sukak banget sama reviewnya ^^ Btw mba, belinya dimana yaaah?
    Thank youu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah thankyou mbaaa ^^v
      sebenernya aku udah punya beberapa shades baru mineral botanica, insya Allah nanti di review juga.
      Pertama beli sih online, mba. Tapi sekarang-sekarang karena di Pangkal pinang ada toko yang jual dan harganya lebih murah, jadi aku beli offline aja hehe.

      Delete