Tips sukses tari pagar pengantin

Salah satu hal yang cukup berkesan sekaligus bikin pusing dari pernikahan adat Sumsel adalah tarian pagar pengantin yang ditarikan sama p...


Salah satu hal yang cukup berkesan sekaligus bikin pusing dari pernikahan adat Sumsel adalah tarian pagar pengantin yang ditarikan sama pengantin cewe. Sayang banget kalo ga nariin tarian yang cuma bisa dilakuin 1x dalam seumur hidup ini.


 Sekilas info, Tarian pagar pengantin ini adalah tarian 'pamit' pada keluarga, teman sepermainan dan perpisahan sang pengantin wanita pada masa gadisnya. Konon katanya tarian ini juga merupakan tarian terakhir sang pengantin di hadapan khalayak ramai karena setelah ini ga dibolehin nari lagi selain dengan persetujuan suami. Pengantin wanita menari di atas dulang dengan gerakan terbatas (ga boleh keluar dulang) dengan filosofi bahwa dulang bagaikan bunga teratai yang ga akan tenggelam karena adanya gelombang. Sedangkan ruang gerak yang terbatas mengisyaratkan bahwa si pengantin wanita mulai saat itu sudah tidak sebebas dulu lagi karena sudah menikah. Pengantin pria berdiri dibelakang istrinya dengan tangan posisi bersiap menarik belati sambil mata nya tertuju pada istrinya yang sedang menari, hal ini memiliki arti bahwa ia adalah kepala keluarga yang selalu melindungi dan selalu memperhatikan istri dan keluarga barunya. 

Buatku yang ga pernah nari sama sekali kecuali nari ala gorilla bareng temen segeng di acara ulang tahun SMP sayang banget kalo mau ngelewatin kesempatan langka ini. Kenapa kok diatas, aku bilang kalo tarian ini bikin pusing ? karena kebanyakan waktu efektif untuk latihan tari sama para penarinya ini cuma 1 hari, yang artinya dalam 1 hari itu kamu harus bener-bener ngapalin supaya hari H nya bakalan sukses. Maklumin aja, penari pengiringnya itu kebanyakan masih sekolah/kuliah, jadi ga bisa saban hari ngajarin kamu. Makanya banyak banget pengantin yang gagal (lupa, gugup, bahkan ga gerak sama sekali) dalam nariin tarian ini.  Jadi disini aku mau berbagi tips jitu supaya tarian pagar pengantinmu sukses.

 

1. Latihan sama penari pengiring dan rekam
Saran pertama yang aku bisa kasih adalah, buatlah janji sama pelatih tarimu di waktu yang ga terlalu mepet sama hari H. karna kalo terlalu mepet itu beneran ga bakalan bisa konsen deh. Pikiran lagi banyak-banyaknya, ditambah lagi nervous takut acara ga berjalan lancar, dan banyak banget urusan (pake henna lah,luluran lah, pengajian lah, dll) yang bikin kamu ga akan bisa sering latihan. Karena si pelatih tari ini biasanya cuma bisa ngajarin 1-2 kali pertemuan, cara paling efektif adalah kamu rekam deh sesi latihanmu itu biar nanti-nantinya bisa di latih-latih sendiri.

2. Youtube is a guru
Belajar dari youtube udah aku lakuin dari H-40 hari acara pernikahanku walaupun aku belum belajar sama pelatih tari yang disiapkan sanggar vendor pengiri acaraku sama sekali. Seenggaknya kamu punya gambaran dan lebih banyak punya waktu berlatih dibanding baru mulai latihan H-3 acara. Gerakan yang kamu pelajari di youtube mungkin akan sama, sedikit berbeda, atau jauh berbeda dari tarian yang dipake sanggarmu, gapapa..terusin aja. Karena selain sebagai sarana belajar, gerakan yang kamu lakuin bisa dipake sebagai "pertolongan pertama" buat kamu praktekin kalo nanti kamu tiba-tiba lupa gerakan yang diajarin sama pelatih tarimu.

3. Pede dong, siapa yang berani nyinyir sama pengantin ?
Yang perlu kamu tau, ada 40 lebih tari pagar pengantin yang beredar (info dari tetangga yang penari professional), artinya adalah gerakannya pasti beda-beda. Pede aja shaaay.. toh para tamu ga bakalan tau kalo kamu salah gerakan. Yang penting jangan nervous aja, banyakin senyum. Ga dipungkiri kalo ketika nari di atas panggung, gerakan tari yang udah kita latih itu ilang blassss..yang kamu harus lakukan adalah menguasai keadaan, biasanya rasa gugup akan hilang segera setelah tarian dimulai. Kalopun nanti kamu lupa gerakan yang udah dilatih sama penarinya, udah gerak aja ikutin gerakan tarian yang udah kamu latih lewat youtube. Gapapa kok walaupun gerakannya beda dari yang seharusnya, toh penari nya aja ga bakalan hapal 40 jenis tarian pagar pengantin, apalagi tamu undangan. Dihari pernikahanmu, panggung itu milikmu, hari itu mulikmu, jadi ga akan ada yang berani komplain walaupun gerakanmu kaku-kaku. Tugas mu adalah membuat tarian yang kamu tarikan itu sukses dan bisa jadi kenangan indah buat kamu kedepannya.

 Pokoknya semua yang lagi sibuk dan pusing nyiapin persiapan pernikahan, aku doain sukses dan lancar tanpa halangan sampe hari H. Jangan ngeluh yaaa.. karena capek, kesel, pusing itu nantinya cuma bakal jadi kenangan aja dan ga akan bisa kamu ulang..ayo nikmatin semua prosesnya ;)
Semoga tips nya membantu ..

Love,


You Might Also Like

0 komentar